in , , , , , , ,

Daftar 7 Bantuan di Juli 2021: BLT Dana Desa, BST Mei & Juni, Subsidi Listrik, PKH, Sembako, Kartu Prakerja Gelombang 18, & BPUM

JAKARTA – Pemerintah resmi melanjutkan sederet bantuan untuk ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19. Beberapa bantuan yang disiapkan adalah bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, bantuan sosial tunai (BST) Mei & Juni, subsidi listrik, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan kartu sembako, Kartu Prakerja gelombang 18, dan BPUM.

Berikut ini penjelasan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tentang aneka bantuan yang dikucurkan pemerintah seperti BLT Dana Desa, BST Mei dan Juni, subsidi listrik, PKH, dan banpres produktif usaha mikro (BPUM) yang kerap disebut BLT usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada konferensi pers membahas Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat secara daring, Jumat (2 Juli 2021).

BST Mei dan Juni Pemerintah memperpanjang program BST selama 2 bulan untuk meringankan masyarakat yang terdampak pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

BST selama ini sudah diberikan untuk 9,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan anggaran Rp11,94 triliun. BST tersebut sudah disalurkan selama Januari–April dengan besaran Rp300.000 per kelompok penerima per bulan.

Baca juga : Buruan! Pencairan Bansos Dipercepat, Cek Bansos Tunai Rp 300 Ribu, PKH, dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id

Untuk perpanjangan 2 bulan akan dibayarkan pada bulan Juli dan targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi. “Perpanjangan BST 2 bulan ini akan membutuhkan anggaran 6,1 triliun, catatannya tentu kami akan menggunakan data kelompok penerima dari penyaluran bulan Januari sampai April yang lalu.

Sehingga untuk BST ini total alokasi nya adalah mencapai 18,04 triliun dari yang Januari-April plus 2 bulan yang sekarang kita akan berikan,” ungkap Menkeu.

Subsidi Listrik Untuk stimulus program ketenagalistrikan yaitu untuk masyarakat yang pelanggan 450 VA dan 900 VA, pada awal APBN hanya ditujukan untuk kuartal 1 saja dengan diskon yang sama dengan 2020 yaitu pelanggan 450 VA diberikan diskon 100%, sedangkanpelanggan 950 VA diberikan diskon 50%;

Kebijakan tersebut kemudian diperpanjang sampai triwulan 2 engan diskon 50% untuk 450 VA dan untuk 900 VA 25%. Dengan adanya PPKM, akan diperpanjang lagi diskon 50% untuk 450 VA dan 900 VA dengan 25% sampai dengan kuartal ketiga.

Baca juga : Segera CEK Bansos PPKM Darurat, BLT Subsidi Gaji Cair Lagi?

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi